Cara Promosi Online dan Digital Marketing dengan TikTok

Cara Promosi Online dan Digital Marketing dengan TikTok

Cara Promosi Online dan Digital Marketing dengan TikTok РPemasaran bisnis melalui media social saat ini sedang meningkat. Dari tahun ke tahun social media menjadi salah satu media pemasaran online yang efektif digunakan. Pemilik bisnis mulai berusaha untuk menjangkau lebih banyak audiens atau target pasar dengan menggunakan berbagai macam platform media social seperti Facebook, Instagram dan Tiktok.  Sebagian pengguna internet mungkin sudah mengenal bahkan menggunakan platform media sosial facebook dan instagram, namun apa itu Tiktok ?

Tiktok merupakan salah satu platform media social untuk berbagi video, tidak jauh berbeda dengan fitur yang ditawarkan oleh instagram. Tidak hanya sebagai sarana berbagi video saja, Tiktok juga bisa digunakan sebagai sarana mempromosikan bisnis atau brand seperti Nike , Samsung, BMW , dan lainya telah menggunakan Tiktok untuk mempromosikan bisnis mereka. Fitur yang ditawarkan oleh Tiktok sendiri adalah anda dapat membuat video singkat dan memberikan efek video dan music agar video yang anda buat menjadi lebih menarik. Dengan Tiktok anda dapat menuangkan kreatifitas anda dalam bentuk video, membuat lipsync, sandiwara, menari dan video bakat lainnya. Selain itu ada fitur pengeditan video melalui Tiktok seperti mengatur kecepatan video, keindahan, filter, timer, dan efek lainnya yang menjadi fitur unggulan Tiktok. Oleh sebab itu tak hanya remaja saja yang yang menggunakan Tiktok, banyak kalangan termasuk orang dewasa yang menggunakan Tiktok.

Tiktok menjadi salah satu platform media social yang sedang trend dan di gandrungi oleh banyak orang dengan jumlah pengguna Tiktok mencapai 500juta pengguna aktif hanya dalam waktu 2 tahun sejak Tiktok resmi di luncurkan. Jumlah pengguna aktif Tiktok saat ini setengah dari jumlah pengguna aktif instagram sebanyak 1miliar pengguna. Dapat diasumsikan bahwa Tiktok berpotensi dapat mengungguli Instagram suatu saat. Di playstore, Tiktok berada di urutan teratas aplikasi paling banyak diunduh di AS sebanyak 9,14 juta unduhan. Bagaimana Tiktok bisa mencapai 500juta pengguna sejak pertama kali resmi diluncurkan? Mengingat Instagram butuh waktu sekitar 6 tahun untuk mencapai angka 500juta pengguna. Prosentase pengguna aktif Tiktok saat ini adalah 41% usia remaja dan dewasa yaitu usia antara 16-24 tahun. Diusia ini adalah audiens yang sempurna untuk pemasaran Tiktok. Pada usia 16-24 tahun, secara alamiah orang cenderung lebih konsumtif dibanding usia diatasnya. Di saat platform media social lain berusaha menjangkau audiens yang lebih luas, Tiktok memilih untuk mengoptimalkan fitur mereka untuk menarik audiens praremaja, remaja, dan dewasa muda Mengingat pengguna media social sebagian besar adalah usia muda, sehingga mereka dapat menciptakan trend-trend yang cepat menyebar di kalangan pengguna media social. Strategi inilah yang membuat Tiktok dapat meningkatkan popularitasnya dan dengan cepat menggumpulkan banyak pengguna.

Banyak video viral yang berasal dari Tiktok yang kemudian menciptakan tren baru di kalangan pengguna social media. Sehingga banyak dari pengguna instagram, youtube, twitter, dan media social lainnya yang mulai menggunakan Tiktok untuk mengeluarkan kreatifitas mereka untuk membuat konten video yang menarik. Selain membuat konten yang menarik tentu saja mereka mulai memanfaatkan Tiktok untuk mempromosikan bisnis mereka. Melihat bagaimana Tiktok yang berhasil mencapai pengguna yang banyak dengan waktu yang relative cukup singkat, maka dengan celah ini Tiktok dapat digunakan untuk pemasaran bisnis online secara efektif. Akan tetapi tidak semua jenis bisnis sesuai untuk melakukan promosi bisnis menggunakan Tiktok.

Bagaimana cara mempromosikan bisnis dengan Tiktok ? berikut ulasannya.

  1. Konten Menarik

Mengapa konten menjadi bagian yang penting ? karena konten yang bagus atau menarik akan lebih banyak mendapatkan respon dari pengguna lain. Buatlah konten mengenai produk atau bisnis anda semenarik mungkin agar dilirik oleh banyak orang. Tak perlu memikirkan kualitas video, yang terpenting bagaimana anda mengemas video atau konten tersebut dengan kreatifitas yang unik, lucu dan menarik. Buatlah konten kreatif yang menggambarkan bisnis anda.

  1. Update Trend Tiktok

Jangan lupa untuk terus update tren terbaru yang sedang hangat di Tiktok. Biasanya konten yang dibuat dengan mengikuti tren akan lebih banyak dilihat orang. Tetapi jika tren tidak sesuai dengan bisnis anda jangan dipaksakan untuk membuat konten seperti itu.

  1. Berkejasama dengan Influencers

Anda bisa bekerja sama dengan influencer dari Tiktok yang banyak digandrungi orang sebagai partner bisnis anda, terutama bila target market anda adalah anak muda maka ini akan memperluas jangkauan anda di Tiktok. Dengan kerjasama dengan influencer yang sesuai dengan target bisnis anda, bukan tidak mungkin akan meningkatkan bisnis anda. Pastikan audiens dari influencers sesuai dengan target bisnis anda.

  1. Hashstag Challenge

Salah satu strategi yang bisa anda terapkan untuk mempromosikan bisnis adalah dengan meluncurkan Hashtag Challenge. Hashtag challenge merupakan sebuah tantangan khusus bagi pengguna Tiktok untuk membuat atau menirukan konten dan menambahkan hashtag didalamnya. Anda dapat mengajak pengguna Tiktok membuat konten dengan menyertakan hashtag yang memuat nama brand bisnis anda. Dengan Hashtag Challenge ini bisnis anda akan cepat dikenal orang.

  1. Tiktok Ads

Tidak hanya Facebook dan Instagram saja yang memiliki fitur Ads. Terdapat fasilitas baru yang ditambahkan oleh pihak developer Tiktok seiring dengan tren tiktok saat ini. Fitur tersebut adalah Tiktok Ads. Fitur ini menjadi salah satu cara untuk anda mempromosikan bisnis anda. Tetapi perlu anda ingat, untuk menggunakan fitur Tiktok Ads, anda perlu menyiapkan anggaran dana yang cukup untuk beriklan dengan Tiktok dan menargetkan audiens untuk bisnis anda, agar iklan anda efektif dan tepat sasaran. Jenis iklan di Tiktok yaitu :

  1. Konten Asli

Iklan jenis ini hamper mirip dengan iklan yang ada di instagram dengan fitur klik situs web atau unduhan aplikasi

  1. Penyebutan Brand

Iklan jenis ini memungkinkan dari pihak brand mengambil alih sementara Tiktok pada hari itu. Mereka dapat membuat gambar, video, GIF dengan link ke laman yang dituju

  1. Challenge Hashtag

Gunakan hashtag untuk mempromosikan dan untuk mendapatkan lebih banyak engagement atau menjaring market

pastikan anda sudah memahami Cara Promosi Online dan Digital Marketing dengan TikTok jika ada masih belum aham bisa mengikuti Kursus TikTok Ads Jogja hanya di Imkom Academy Yogyakarta.