CorelDRAW

Kursus CorelDraw Yogyakarta

Kursus CorelDraw Yogyakarta – Jogjawebseo.com memberikan kursus, les, pelatihan dan privat CorelDraw murah yang merupakan bagian dari desain grafis berlokasi di jogja. CorelDraw ini meberikan kemampuan untuk merancang desain berbasiskan vektor adapun hal yang bisa di desain dengan coreldraw meliputi gambar yang memiliki ukuran besar. Sebagai contoh ada logo kemuandian layout buku, desain banner spanduk dan berbagai desain yang umumnya di lakukan di percetakan.

dengan mengikuti Kursus CorelDraw Yogyakarta anda akan memiki kemampuan untuk mendesain, jika anda mengikuti dengan giat dan tekun untuk mencoba serta belajar mandiri maka bisa di pastikan bahwa anda akan menjadi seorang desaigner yang handal. setelah itu tergantug anda apakah mau membukan usaha design, percetakan atau mau bekerja pada instansi yang membutuhkan desain

Apa Itu CorelDraw menurut Kursus CorelDraw Yogyakarta

CorelDRAW yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta adalah software pembuat grafik vector yang mana dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X5 atau versi 15 yang diluncurkan di bulan februari 2010.

CorelDraw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.

Sejarah CorelDraw yang dirangkum Kursus CorelDraw Yogyakarta

Jika anda seorang design grafis, tentunya sudah paham betul tentang CorelDraw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta. Tapi sudah tahukah Anda Sejarah Awal Mula CorelDraw?. Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang CorelDraw berikut ini awalmula.com berbagi informasi tentang sejarah dan perkembangan CorelDraw. Coreldraw merupakan software editor grafis berbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Versi terakhir, sampai artikel ini dibuat adalah Versi X5, diluncurkan pada pertengahan April 2010.

Sejarah CorelDRAW yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta pertama kali dibuat pada tahun 1987, Corel Corporation mempekerjakan teknisi software Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector untuk disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Mulanya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW 1.x dan 2.x berjalan pada Windows. CorelDRAW 3.0 rilis bersamaan dengan microsoft windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam true type pada windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.

CorelDraw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langdsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.

Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.

Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software.

CorelDraw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter.

Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.

CorelDraw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.

Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.

Versi CorelDraw Dan Kelebihannya

  • Ver. 2 (1991)  : Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang X dan Y)
  • Ver. 3 (1992)  : Terdapat Corel PHOTO PAINT* (untuk mengedit bitmap), CorelSHOW (Untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART (untuk Grahpic chart), Mosaic dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmaps).
  • Ver. 4 (1993)  : Termasuk Corel PHOTO-PAINT* (untuk mengedit bitmap),CorelSHOW (untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART, CorelMOVE, Mosaic dan corelTRACE.
  • Ver. 5 (1994)  : Ini adalah versi terakhir yang dibuat dan berjalan pada windows 3.x. Termasuk Corel Ventura yang ada didalamnya (lalu dijual terpisah) ini adalah desktop publishing yang mirip dengan PageMaker, Quark Express, atau InDesign.
  • Ver. 6 (1995)  : Ini adalah versi pertama yang mana dibuat se-ekslusif mungkin untuk windows 32-bit. Termasuk Corel Memo, Corel Presents, Corel Motion 3D, Corel Depth, Corel Multimedia Manager, Corel Font Master dan Corel DREAM (untuk membuat objek 3D) ada didalamnya. Fitur-fitur baru telah disesuaikan dengan Interface, Polygon, Spiral, Knife dan Eraser tools.
  • Ver. 7 (1997)  : Properti bar yang sensitif (Context-sensitive Property bar), Print Preview dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk dalam versi ini.
  • Ver. 8 (1998)  : Digger selection, dudukan windows (Docker windows), memecah teks atau objek (Interactive Distortion), 3D, Envelope and tools, efek pemberi bayangan yang realistis (Realistic Dropshadow tool), pencamupran warna (interactive color mixing), penyusun tempat-tempat warna (color palette editor), garis bantu sebagai objek (guidelines as objects), merubah ukuran halaman (custom-sized pages), duotone support. Corel Versions juga termasuk didalamnya.
  • Ver. 9 (1999)  : Mesh fill tool untuk pencampuran warna yang lebih kompleks, Artistic Media tool, mencetak kedalam PDF, menyatukan profile warna ICC (embedded ICC color profiles,) Multiple On-screen Color Palettes dan Microsoft Visual Basic untuk mendukung aplikasi 6. Canto Cumulus LE, bagian dari software untuk pengaturan media juga termasuk dalam versi ini.
  • Ver. 10 (2000) : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.
  • Ver. 11 (2002) : Kumpulan simbol-simbol (Symbols library) yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web), pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar (3-point drawing tools).
  • Ver. 12 (2003) : Panduan yang dinamis (Dynamic guides), alat menggambar pintar (Smart Drawing tools), mengekspor kedalam MS Office atau Word, bagian alat penghapus virtual (Virtual Segment Delete tool), mendukung teks yang unicode (Unicode text support). Unicode adalah Sistem yang memiliki kemampuan untuk menuliskan, memproses, dan menampilkan berbagai aktifitas dari tulisan itu sendiri. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah penulisan dengan bahasa yang ditulis bukan menggunakan tulisan yunani.
  • Ver. 13 (2006) : memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.
  • Ver. 14 (2008) : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW.
  • Ver. 15 (2010) : pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan mendukung berbagai format file. Corel  telah mengembangkan transformasi, yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.

Vektor Dan Bitmap bahasan Kursus CorelDraw Yogyakarta

Dari tadi saya banyak mengungkit tentang gambar berbasis Vektor dan juga Bitmap, akan lebih baik jika saya menjelaskan apa itu Vektor dan Bitmap itu. Gambar berbasis Vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya.  Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster adalah gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri pula yang membentuk sebuah gambar. Gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi. Jika gambar diperbesar maka gambar akan tampak kurang halus sehingga mengurangi detailnya. Selain itu gambar bitmap akan mempunyai ukuran file yang lebih besar. Semakin besar resolusi gambar akan semakin besar pula ukuran filenya. Mungkin untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh berupa gambar.

Manfaat CorelDraw menurut Kursus CorelDraw Yogyakarta

Sekdikit dari kegunaan corel, corel sendiri merupakan program aplikasi yang berbasis vektor atau garis-garis, beda dengan photoshop yaitu bitmap sekumpulan pixsel. Beberapa kegunaan corel draw

  • Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
  • Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
  • Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
  • Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

Keuntungan Menggunakan CorelDraw di Kursus CorelDraw Yogyakarta

Program Corel Draw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta merupakan sebuah alat bantu bagi desainer untuk mewujudkan ide dalam bentuk gambar digital. Fungsi kanvas dan kerta sebagai media dalam menggambar dapat tergantikan dengan komputer. Layar monitor dan kursor mouse dapat menggantikan alat tulis yang biasanya digunakan dalam menggambar. Selain itu tak perlu khawatir jika anda terbiasa menggambar sketsa karena sudah ada perangkat tablet pen, suatu alat yang mirip dengan kanvas, namun akan meneruskan hasil sketsa anda pada layar Corel Draw. Itulah mengapa penggunaan Corel Draw dapat menimbulkan beberapa keuntung dalam berkreasi. Keuntungan-keuntungan itu antara lain:

  • Program Corel Draw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta tidak membutuhkan kapasitas yang besar dalam sistem komputer anda. Hal ini tentu saja berguna bagi anda yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Selain itu file yang dihasilkan Corel Draw juga tidak terlalu besar.
  • Corel Draw merupakan program yang dibuat untuk beberapa sistem operasi. Ada 3 versi Corel Draw, yakni untuk sistem operasi Macintosh, Windows dan Linux. Hal ini membuat anda tidak perlu berpindah sistem operasi karena kebanyakan orang menggunakan tiga sistem operasi diatas.
  • Corel Draw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta memiliki kecenderungan mudah untuk dipelajari siapapun. Di dalam program ini sudah tersedia tutorial yang melekat pada aplikasi ini. Selain itu banyak juga tutorial yang ditulis oleh pengguna lain, baik itu di Internet maupun diterbitkan di buku.
  • File yang disimpan dapat diatur kompatibilitasnya dengan versi Corel Draw yang lain. Sebagai contoh apabila kita menggunakan Corel Draw 13, kita bisa menyimpannya ke versi format Corel Draw 11 jika kita ingin membukanya menggunakan Corel Draw 11.
  • Gambar berbasis Vektor. Ini membuat gambar yang akan dicetak sesuai dengan apa yang diinginkan karena gambar yang dicetak berkualitas baik atau gambarnya tajam dalam kata lain tidak buram atau pecah-pecah. Dan apabila ingin mengubah ukuran tidak perlu membuat ulang karena dengan aplikasi ini bisa mengubah ukuran tanpa membuat gambarnya menjadi pecah-pecah atau buram.
  • Mengikuti kebutuhan design. CorelDraw yang merupakan tool Kursus CorelDraw Yogyakarta selalu berinovasi dengan seri-seri terbarunya yang kini sudah mencapai seri ke-16, ini  dikarenakan CorelDraw selalu ingin mengikuti perkembangan kebutuhan konsumen dan semakin mempermudah dalam proses pembuatan design.

Kursus CorelDraw Yogyakarta

Demikian pembahasan oleh jogjawebseo.com tentang Kursus CorelDraw Yogyakarta yang semoga memberikan inspirasi mdan menambah wawasan berkaitan dengan coreldraw baik itu pemhaman awal maupun kedepanya setelah menguasai itu mau di apakan.

untuk mendapatkan skill desain grafis dengan coreldraw yang memukau bergabunglah bersama kami di jogjawebseo.com untuk Kursus CorelDraw Yogyakarta. segera hubungi kami.