android

Kursus Pemrograman Android Yogyakarta

Kursus Pemrograman Android Yogyakarta merupakan tempat pelatihan, training dan les privat programming android dengan tujuan agar bisa mamapu dan memahamai bagaimana membuat aplikasi mobile berbasiskan sistem operasi android yang berlokasi alamat di jogja.

dengan mengikuti Kursus Pemrograman Android Yogyakarta anda akan memiki ketrampilan dalam pemrograman android selain itu anda memiliki dan telah menggenggam adanya peluang. mengapa demikian? karena saat ini pemrograman android merupakan pemrograman yang paling populer di indonesia bahkan dunia mulai dari boomingnya smart phone di kalangan masyarakat.

Jadi setelah Kursus Pemrograman Android Yogyakarta ada bisa memilih untuk berwirausaha dengan mendirikan app mobile developer yaitu membuatka aplikasi android untuk berbagai keperluan atau bekerja di perusahaan android development misalkan ada gameloft dan lainya.

Definisi Android

Android merupakan sistem operasi Mobile Phone berbasiskan Linux. Android bersifat open source yang source codenya diberikan secara gratis bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka agar dapat berjalan di Android.

Android merupakan nama sistem operasi (operating system) untuk telepon seluler (handphone) yang berbasis linux, menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptaan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai macam peranti penggerak. Android umumnya digunakan pada perangkat smartphone atapun tablet pc, ya fungsinya mirip Symbian di handphone Nokia, atau iOS di perangkat bermerek Apple atapun Balckberry di handphone blackberry. kelebihannya android tidak hanya berada di suatu merek ternetu saja akan tetapi terdapat dibanyak merek handphone misalnya Samsung, htc, acer dll.

Android lahir oleh perusahaan Android Inc yang bekerjasama dengan perusahaan raksasa Google pada bulan juli 2010, pada saat itu banyak yang mengira bahwa Google akan terjun dipasar ponsel, hal andoid dikarenakan android masih dianggap hanya sebagai perangkat lunak pada telpon seluler. Proyek yang dipimpin oleh Andy Rubin andoid bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang berbasis kernel linux.

Sejarah Android

Pada mulanya, Android merupakan salah satu produk besutan oleh Android Inc., namun Google mengakuisisi Android Inc., dan semua kekayaan intelektual milik Android Inc. diperoleh Google Inc. yang kemudian mengembangkan kembali sistem Android mengakuisi Android Inc..

Sekedar informasi Android Inc. merupakan pendatang baru dalam hal membuat software untuk ponsel yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Kemudian dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium yang terdiri oleh 34 perusahaan hadware, software, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, Nvidia, dll. Open Handset Alliance dibentuk untuk mengembangkan Android yang notabene nya merupakan OS OpenSource pertama untuk Mobile Phone.

Pada tanggal 5 November 2007, dirilislah Android versi awal dimana Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan stkamur terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan stkamur terbuka perangkat seluler.

Distributor OS Android

Di dunia andoid terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh oleh Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua merupakan yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler.

Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal andoid menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. hingga sekarang telah banyak ponsel ber-OS Android yang hadir dipasaran, dimulai oleh Google Nexus One, HTC Legend, Sony Ericcson Xperia X10, Samsung Galaxy S dan masih banyak lagi.

Versi Android

  • Android Apple Pie. Google dan OHA telah merilis setidaknya dua versi sebelum Android beta dirilis pada bulan November 2007. Versi Alpha rilis memiliki beberapa codename yaitu : Astro Boy, Bender dan R2-D2.
  • Android Banana Bread. Android beta dirilis pada 5 November 2007, sedangkan software development kit (SDK) telah dirilis pada 12 November 2007.  Tanggal November 5 kemudian dirayakan sebagai hari “ulang tahun”. Versi beta publik dari SDK yang dirilis :
  • Android 1.5 Cupcake. android cupcake Sejarah & Nama Nama Versi AndroidAndroid 1.5 Cupcake dirilis 30 April 2009. Cupcake menjadi versi android pertama yang menggunakan nama makanan. Konon katanya versi ini seharusnya versi 1.2, namun Google memutuskan untuk membuat revisi besar dan membuatnya  menjadi versi 1.5 Cupcake adalah kue kecil yang dipanggang dalam cetakan berbentuk cup
  • Android 1.6 Donut. android donut Sejarah & Nama Nama Versi AndroidAndroid V1.6, codename Donut, dirilis pada 15 September 2009. pada versi ini fiperbaiki beberapa kesalahan reboot, perubahan vitur foto dan video dan integrasi pencarian yang lebih baik. Donat merupakan panganan berbentuk cincin. Bulat bulat bolong tengae. Adonan donat dimasak dengan cara digoreng dan biasanya disajikan dengan toping diatasnya
  • Android 2.0/2.1 Eclair . android eclair Sejarah & Nama Nama Versi AndroidAndroid 2.0/2.1 Eclair Dirilis 26 Oktober 2009. Eclair adalah makanan penutup yakni kue yang biasanya berbentuk persegi panjang yang dibuat dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya
  • Android 2.2 Froyo. android froyo Sejarah & Nama Nama Versi AndroidDirilis 20 Mei 2010. Menggunakan codename Froyo, yang merupakan makan penutup yang nama merk sebuah produk yang terbuat dari yoghurt. Froyo singkatan dari Frozen yoghurt,  Froyo adalah yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan, sehingga secara terlihat sama seperti es krim
  • Android 2.3 Gingerbread. android gingerbread Sejarah & Nama Nama Versi AndroidAndroid Versi 2.3 Gingerbeard dirilis resmi tanggal 6 December 2010. Ginngerbeard merupakan jenis kue kering yang dengan rasa jahe. Kue jahe ini biasanya dibuat pada perayaan libur akhir tahuh di Amerika. Biasanya cemilan kering ini dicetak berbentuk tubuh manusia
  • Android 3.0 Honeycomb. android honey Sejarah & Nama Nama Versi AndroidDirilis tanggal 22 February 2011. Honeycomb adalah sereal sarapan manis yang sudah dibuat tahun 1965 oleh Posting Sereal. Seperti namanya, Honeycomb/ Sarang lebah, sereal ini terbuat dari potongan jagung berbentuk sarang lebah dengan rasa maduAndroid 4.0 Ice
  • Android 4.0 ice cream Sandwich. android Ice+creame+sandwitch Sejarah & Nama Nama Versi AndroidAndroid  4.0–4.0.2 API lever 14 dan  4.0.3–4.0.4 API level 15 pertama dirilis 19 Oktober 2001. Dimanamai Ice Cream Sandwich. Ice cream sandwich adalah lapisan es krim, biasanya rasa vanila yang terjepit di antara dua kue cokelat, dan biasanya berbentuk persegi panjang
  • Android 4.1 Jelly Bean. android+jelly+bean Sejarah & Nama Nama Versi AndroidAndroid Jelly Bean diluncurkan pertama pada Juli 2012, dengan berbasis Linux kernel 3.0.31. Terdiri dari Android 4.1  API level 16, Android 4.2  API level 17, Android 4.3  API level 18. Penamaan Jelly Bean mengadaptasi nama sejenis permen dalam beraneka macam rasa buah. Ukurannya sebesar kacang merah. Permen ini keras di luar tapi lunak di dalam serta lengket bila digigit
  • Android 4.4 KitKat. android+kitkat Sejarah & Nama Nama Versi AndroidAndroid 4.4 KitKat API level 19. Google mengumumkan Android 4.4 KitKat (dinamai dengan izin dari Nestle dan Hershey) pada 3 September 2013, dengan tanggal rilis 31 Oktober 2013. Kitkat merupakan merk sebuah cokelat yang dikeluarkan Nestle. Rilis berikutnya setelah KitKat diperkirakan banyak pengamat akan diberi nomor 5.0 dan dinamai ‘Key Lime Pie’.

Keunggulan Android

  1. Keterbukaan. Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan stkamur panggilan ke API.
  2. Penghancuran perbatasan. kamu dapat menggabungkan informasi oleh Internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.
  3. Kesamaan aplikasi. Untuk Android ada perbedaan antara telepon utama aplikasi dan perangkat lunak lain, kamu bahkan dapat mengubah program untuk memutar nomor, atau screen saver.
  4. Cepat dan mudah perkembangan. Dalam SDK memiliki semua yang kamu butuhkan untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator andoid instrumen, dan alat debugging maju.

Struktur Sistem Android

Google mengibaratkan Android sebagai sebuah tumpukan software. Setiap lapisan oleh tumpukan kamu menghimpun beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik oleh sistem operasi.

Berikut kamu susunan oleh lapisan – lapisan tersebut jika di lihat oleh lapisan dasar hingga lapisan teratas :

  1. Linux Kernel. Tumpukan paling bawah pada arsitektur Android kamu merupakan kernel.
  2. Android Runtime. Lapisan setelah Kernel Linux merupakan Android Runtime.Android Runtime kamu berisi Core Libraries dan Dalvik.
  3. Virtual Machine. Core Libraries mencakup serangkaian inti library Java, artinya Android menyertakan satu set library-library dasar yang menyediakan sebagian besar fungsi-fungsi yang ada pada library-library dasar bahasa pemrograman Java.
  4. Libraries. Bertempat di level yang sama dengan Android Runtime merupakan Libraries. Android menyertakan satu set library- library dalam bahasa C/C++ yang digunakan oleh berbagai komponen yang ada pada sistem Android.
  5. Application Framework. Lapisan selanjutnya merupakan application framework, yang mencakup program untuk mengatur fungsi-fungsi dasar smartphone. Application Framework merupakan serangkaian tool dasar seperti alokasi resource smartphone, aplikasi telepon, pergantian antar – proses atau program, dan pelacakan lokasi fisik telepon.
  6. Application. Di lapisan teratas bertempat pada aplikasi itu sendiri. Di lapisan kamulah kamu menemukan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti menelepon dan mengirim pesan singkat, menjalankan web browser, mengakses daftar kontak, dan lain-lain. Bagi rata-rata pengguna, lapisan kamulah yang paling sering mereka akses. Mereka mengakses fungsi- fungsi dasar tersebut melalui user interface.

Kelebihan Handphone Android

  • Multitasking – Yups, ponsel Android bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya kamu bisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu.
  • Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru oleh RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga kamu tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
  • Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau kamu seneng install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market kamu bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk kamu download di ponsel Android.
  • Pilihan Ponsel yang beranekaragam – Bicara ponsel Android, akan terasa ‘beda’ dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone oleh Apple, maka Android tersedia di ponsel oleh berbagai produsen, mulai oleh Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi kamu bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘merk’ favorite.
  • Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi – tak puas dengan tampilan stkamur Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa kamu pakai di ponsel Android.
  • Widget – benar sekali, dengan adanya Widget di homescreen, kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
  • Google Maniak – Jika kamu pengguna setia layanan Google mulai oleh Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga kamu bisa dengan cepat mengecek email oleh gMail.

Tool Untuk Pemrograman Android

pemrograman aplikasi Android tentunya kita harus memiliki beberapa tools wajib untuk melakukan pemrograman Android. Berita baiknya tools andoid free alias gratis, jadi tidak perlu kawatir mengenai lisensinya. Nah disandoid akan saya share mengenai apa saja yang harus kita siapkan sebelum melakukan pemrograman Android.

  • Java Developtment Kit (JDK). Pada dasarnya Android menggunakan bahasa pemrograman JAVA, sehingga agar aplikasi Android dapat berjalan JDK wajib terinstal pada komputer kamu. JDK merupakan library yang berisi komponen- komponen yang dibutuhkan  untuk mengembangkan aplikasi JAVA. JDK dapat kamu download melalui http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html
  • Android Software Development Kit (SDK). Android SDK juga merupakan komponen yang wajib dimiliki para pengembang JAVA.  Android SDK berisi merupakan Application Programming Interface (API) yang berisi komponen- komponen dan apapun yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android.
  • JAVA Integrated Development Environment (IDE). IDE merupakan alat bantu berupa aplikasi, untuk mempermudahkan kita dalam melakukan pemgrograman terutama untuk melakukan desain Graphical User Interface (GUI) atau antar muka aplikasi. Dengan IDE untuk meletakkan komponen GUI dapat dilakukan dengan drag and drop komponen ke dalam form. Ada beberapa JAVA IDE yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android, misalnya NetBeans,IntelliJ IDEA, Eclipse. IDE yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android merupakan Eclipse, karena itu saya sarankan untuk menggunakan Eclipse jika kamu ingin mengembanngkan aplikasi Android.
  • Android Developtment Tool (ADT). ADT merupakan plugin Android  yang didesain khusus  untuk Eclipse. Untuk mempermudah memulai pemrograman Android saat andoid tersedia Eclipse yang telah bundle dengan SDK dan ADT, sehingga kamu hanya perlu melakukan satu kali download dan tools untuk mengembangkan Android telah terpenuhi. Silahkan download Eclipse yang telah bundle dengan ADT dan SDK di http://developer.android.com/sdk/index.html

Tips Belajar Bahasa Pemrograman Android

  • XML. Bahasa XML merupakan Bahasa markup yang Sering Di Pakai Untuk Berbagai Kebutuhkan. XML Di Pakai Di Webservice Konfigurasi,Layout Dan Berbagai Keperluan Lain Di Dunia Programming (IT). XML juga sebenarnya Tidak Susah Untuk di Pelajari. Yang Perlu kamu Pahami Hanya Aturanya Saja.
  • Java Sricpt. JAVA Sricpt merupakan Bahasa Pemrograman Android Yang Sering di Guanakan Saat andoid Dan Bila kamu Sering Download Game Java Pasti kamu Juga tahu Format(Extion) JAVa.Namun Tiba” Coding Java Di Android,kamu Akan Mengalami Kesulitan.Konsep Seperti Class,Package,Access Modifies Dan konsep lain Harus kamu Pelajari Dulu.
  • SQLite. SQLite merupakan Untuk Menyimpan Data Configurasi Seperti Data user Dan Data Aplikasi DiSQLite. Maka Untuk Lebih Baik kamu Mempelajari syntax SQLite Terlebih dahulu Sebelum Membuat Aplikasi Android
  • JSON. JSON merupakan Format Data yang Di Gunakan atau Di Pakai untuk Mengirim Data oleh Webservice ke Android.kamu Akan Menjumpai Kata andoid Bila kamu Belajar Pemrograman Android di Tingkat Lanjut .terutama Di Program Client Server
  • Eclipse. Eclipse merupakan IDE Yang Di gunakan Untuk Pemrograman Android Kebanyakan Programmer Java Datang oleh Netbeans.Eclipse Tidak Terlalu Sulit kamu Cukup Memfamiliarkan Interface dan Layoutnya Aja.

Kursus Pemrograman Android Yogyakarta

demikian pembahasan kami tentang Kursus Pemrograman Android Yogyakarta dan berbagai bahasan mendalam lainya yang berhubungan dengan sistem operasi android tool belajar android, hingga ponsel android tak lupa pula beberapa tips yang perlu di pelajari untuk mendukung pemrograman android.

segera bergabunglah bersama kami di jogjawebseo.com untuk melakukan Kursus Pemrograman Android Yogyakarta biar bisa segera memiliki kemampuan dan skill bisang android.